Menghitung Kebutuhan Bata Ringan Hebel Batako AM

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Ringan yang Tepat dan Praktis

Mempelajari cara menghitung kebutuhan bata ringan dapat membantu Anda ke depannya. Bata ringan adalah salah satu material dengan bobot lebih ringan dibandingkan material sejenisnya. Komposisi campuran bata ringan terdiri dari kapur, air, aluminium pasta dan gypsum.

Sekarang ini bata ringan sudah mulai banyak digunakan karena kelebihannya tersebut. Konstruksi jadi lebih mudah karena bata ringan dapat dipindahkan secara fleksibel. Untuk merekatkannya, Anda butuh semen perekat khusus seperti AM 48 dari PT Adiwisesa Mandiri yang menggunakan zat adhesiv.

Perekat ini sudah diformulasikan khusus untuk merekatkan bata ringan. Dengan kualitas yang optimal, bata bisa merekat kuat, erat dan tahan lama. Bangunan akan menjadi semakin kokoh dengan formula perekat masa kini.

Lalu, mengapa kita harus menggunakan bata ringan sebagai material hunian Anda? Bata ringan sendiri memiliki beragam kelebihan. Berikut ini adalah Kelebihan Bata Ringan untuk Membangun Hunian Anda.

Cara Menghitung Kebutuhan Bata Ringan untuk RAB

Supaya Rencana Anggaran Biaya tidak membengkak, Anda harus menghitung kebutuhan material bata ringannya terlebih dulu. Cara menghitung RAB di bawah dapat dipraktikkan secara langsung. Perhitungan tepat, cepat dan praktis sehingga Anda bisa dengan mudah melakukannya.

1. Tentukan Keliling Ruang

Dalam satu kasus, kontraktor ingin membuat ruang dengan ukuran 5 m x 7 m dan tinggi 3 m. Dari data yang sudah diperoleh Anda bisa hitung keliling ruang dengan rumus 2 x ( P + L ). Dari rumus tersebut bisa didapatkan keliling ruang 2 x (5 m + 7 m) = 24 m.

2. Tentukan Luas Dinding

Setelah mengetahui kelilingnya, Anda bisa mencari tahu luas dinding yang ingin dibangun. Cara menghitung kebutuhan bata ringan dimulai dari rumus luas dinding ruangan, keliling x tinggi ruang. Bisa disimpulkan dari rumus bahwa luasnya ialah 24 m x 3 m = 72 m2.

3. Kebutuhan Bata Ringan

Anda bisa cari tahu total kebutuhan bata ringan setelah mendapatkan luas dinding bangunan. Rumus untuk menghitung total kebutuhan adalah Luas dinding x bata ringan (1m2). Ukuran bata ringan 1 m2 (tebal 10 cm) yaitu 0,1 m3 dan bisa dihitung jadi 72 m2 x 0,1 m3/m2 = 7,2 m3.

Kesimpulan dari perhitungan di atas, ruangan berukuran 5 m x 7 m dan tinggi 3 m membutuhkan bata ringan sejumlah 8 m3 (dibulatkan dari 7,2 m3). Cara menghitung kebutuhan bata ringan itu mudah jika Anda dapat menghitungnya secara detail dari awal sampai akhir.

Bata ringan bisa dibeli di toko bangunan dengan harga satuan di kisaran Rp 720.000 /m3. Total perhitungan RAB di atas sebesar Rp 5.760.000,- belum termasuk semen perekatnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, semen perekat AM 48 terjangkau dan mudah digunakan.

Cara Menggunakan Semen Perekat AM 48

Pada dasarnya AM 48 adalah perekat bata ringan instan dari PT Adiwisesa Mandiri. Kualitasnya sudah terbukti karena mampu memasang bata ringan secara praktis. Cocok untuk interior ruang dan eksterior ruangan dengan waktu pengaplikasian yang mudah dilakukan.

Cara menghitung kebutuhan bata ringan belum termasuk semen sehingga Anda harus memakai rumus berbeda. Adonan semen perekat AM 48 dapat dibuat dengan tanah halus dan air. Tidak perlu menggunakan kerikil karena akan merusak tekstur dinding penahannya.

Pengaplikasiannya juga sederhana, Anda hanya perlu melapisi sisi-sisi bata ringan. Setelah bata tertumpuk, lanjutkan pemasangan sampai menutupi seluruh ruangan. Hasil akhir adonan semen AM 48 sangat rapi dan rata sehingga bangunan terlihat lebih memukau.

Anda juga bisa menghemat ketika digunakan untuk plesteran dinding. Dengan daya rekat yang tinggi, AM 48 sangat direkomendasikan untuk Anda. Sesuaikan cara menghitung kebutuhan bata ringan di atas dengan luas ruangan dan jangan lupa gunakan perekat yang diformulasikan.

Setelah mengetahui kebutuhan bata ringan untuk hunian Anda, penting juga untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan perekat bata ringan. Ini karena, perekat berperan penting dalam menempelkan hebel untuk hunian Anda. Inilah Tips Cara Menghitung Kebutuhan Perekat Bata Ringan Terbaik.

 

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu