Dinding Semen Ekspos AM

Dinding Semen Ekspos: Cara Membuat dan Kelebihan

Unik serta memiliki kesan artistic dan natural, membuat dinding semen menjadi pilihan banyak orang pada hunian berupa rumah. Selain lebih ekonomis ternyata, biaya perawatannya juga sangat minim sehingga bisa hemat berkelanjutan.

Jenis dinding atau tembok ini juga mampu membuat Anda menghemat biaya untuk cat maupun material finishing lainnya. Jadi, untuk yang mau bangun rumah tapi ingin berhemat, maka bisa pilih bisa pilih jenis dinding ini.

Baca Juga: Apa Itu Dinding Kamprot? Ini Pengertian dan Cara Membuatnya

Bagaimana cara membuatnya dan produk semen apa yang paling bagus untuk jenis dinding ini, mari simak paparan berikut ini.

Cara Membuat Dinding Semen Ekspos

Penggunaan semen ekspos tidak hanya dapat diaplikasikan pada fasad atau eksterior bangunan saja, tapi juga bisa untuk bagian dalam. Misalnya, ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang makan, bahkan kamar tidur.

Dengan dinding minimalis ini Anda juga bisa mengembangkan tampilan dalam ruangan agar tampak lebih simpel dan minimalis. Untuk membuat dinding semen ekspos dapat menggunakan teknik berikut:

1. Teknik Kamprot

Teknik pertama yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan teknik kamprot baik manual maupun mesin. Cara manual akan membuat tampilan bertekstur kasar dan tajam, serta berbentuk butiran-butiran pasir.

Alat bantu yang digunakan adalah kawat ayakan dan sekop. Campuran semen berbutiran kasar dilempar menembus kawat ayakan dengan jarak 5-10 cm ke permukaan yang hendak ditutup kemudian diratakan.

Jika menggunakan mesin dapat dipakai alat bantu berupa concrete spraying yaitu alat penyemprot campuran semen. Keunggulannya adalah memberikan hasil lebih halus, rata, dan rapi.

2. Teknik Garuk

Berikutnya adalah teknik garuk dengan menggunakan alat cetak dari papan dengan pola desain sesuai selera. Bisa berpola gerigi tegak lurus maupun meruncing. Arahnya bisa vertical, horizontal, maupun pola-pola lainnya.

Apabila menggunakan teknik ini pengaplikasian harus dilakukan dengan ketelatenan juga ketelitian tinggi. Agar hasil dari pekerjaan rapi serta motifnya dapat terbentuk dengan baik.

Kelebihan dan Kekurangan Dinding Semen Ekspos

Penggunaan semen ekspos untuk eksterior maupun interior memang memiliki kelebihannya tersendiri. Beberapa keunggulan yang bisa didapatkan adalah:

  1. Finishing dinding dan lantai menjadi terlihat lebih natural.
  2. Pengeluaran untuk pembangunan menjadi lebih rendah.
  3. Perawatannya jauh lebih mudah.
  4. Ketahanan tinggi terhadap cuaca.
  5. Permukaannya anti selip.

Selain kelebihan, penggunaan dinding semen juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut:

  1. Retak rambut akan lebih terlihat.
  2. Proses pengerjaan cenderung lebih rumit sehingga diperlukan tenaga ahli untuk mengerjakannya.
  3. Ruangan menjadi lebih lembap sehingga Anda harus mengakalinya dengan bukaan besar di hunian atau memasang humidifier dalam ruangan.
  4. Dinding yang sudah kotor akan sulit dibersihkan.

Produk dari AM untuk Membuat Dinding Rumah Menggunakan Semen Eskpos

Apabila Anda sudah memutuskan untuk membuat dinding rumah atau hunian lainnya menggunakan semen ekspos, maka ada beberapa produk unggulan yang kami rekomendasikan. Beberapa produk dari AM Mortar ini punya banyak kelebihan, produk-produk tersebut adalah:

1. AM 86

AM 86 dengan campuran semen, filler, additive, serta polymeric binder di dalamnya membuat hasil akhir halus dan berkualitas. Keunggulannya mudah dalam pengaplikasian, daya rekat tinggi, dan dapat bantu mencegah terjadinya retak rambut.

2. AM 87

AM 87 dengan bahan dasar semen, filler, additive, dan polymeric binder yang memiliki hasil akhir halus dan berkualitas. Keunggulannya selain punya daya rekat tinggi, memiliki akhir halus serta putih, hemat penggunaan cat, juga tidak perlu tambah plamir.

3. AM 88

AM 88 ini merupakan produk untuk acian di atas plester. Semen instan ini mampu diaplikasikan di atas permukaan plester sehingga mendapatkan permukaan halus dan rata. Keunggulannya, mampu diaplikasikan dengan mudah dan dapat digunakan untuk interior maupun eksterior.

Untuk punya rumah hunian bergaya unik dan aesthetic, Anda tidak perlu lagi membayar mahal. Hal ini dikarenakan penggunaan dinding semen ekspos mampu bantu tampilan bergaya apalagi jika menggunakan produk-produk dari AM Mortar sebagai aciannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Acian Dinding yang Tepat? Begini Tipsnya

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu