pelapis-kolam-ikan-agar-tidak-bocor-ini-3-tipsnya-am

Memiliki kolam yang diisi dengan berbagai jenis ikan memang sangat menyenangkan untuk meredakan stres.

Apalagi kolam-kolam yang didesain khusus sehingga memberikan kesan indah dan juga menyegarkan untuk dilihat. Sayangnya, kendala yang paling sering terjadi yaitu adanya kebocoran dan hal ini jelas membuat Anda menjadi repot. Hal ini karena Anda harus melakukan perbaikan bahkan kadang tidak diketahui penyebabnya sehingga kerja dua kali. 

Menggunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor sangat penting karena kolam seperti itu memang rawan terjadi kebocoran. Jika dibiarkan maka air akan habis dengan sendirinya dan ikan-ikan Anda menjadi mati. Agar hal ini tidak terjadi, Anda dapat menggunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor. Namun masih ada beberapa tips lainnya yang dapat Anda pelajari demi meminimalkan risiko bocor.

Baca Juga : Lapisan Acian Halus dan Berkualitas dari AM 86, Begini Penjelasannya

3 Tips Mudah agar Kolam Ikan Tidak Mengalami Kebocoran

Jika Anda ingin membuat kolam ikan sendiri di rumah tanpa menggunakan tenaga profesional agar lebih hemat biaya. Setidaknya terapkan 3 tips berikut ini yang dijamin akan sangat membantu meminimalkan kebocoran.

1. Perhatikan Proses Pengacian di Awal Pembuatan Kolam

Penyebab utama kolam menjadi bocor sebenarnya dari awal proses pembuatannya itu sendiri yang tidak tepat. Terutama pada proses pengacian yang dilakukan sendiri dan tidak memakai tenaga kerja profesional. Meskipun sudah menggunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor kalau acian awal saja salah prosesnya. Maka risiko kebocoran tetap sangat besar sehingga permasalahan ini diketahui saat kolam sudah jadi.

Sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu bagaimana campuran acian yang tepat untuk membuat kolam. Ketahui ukuran perbandingan setiap bahannya, bukan sekedar main perkiraan saja asal jadi halus dasarnya. Selain acian perhatikan juga material yang Anda gunakan karena sangat mempengaruhi seberapa banyak aciannya. Ingat menggunakan material batu bata untuk dasar membuat kolamnya berbeda dengan batako dan material lainnya. Jika Anda memakai batu bata maka aciannya bisa sedikit lebih tipis karena pori-porinya lebih padat dibandingkan batako. Perhatikan juga seberapa lama acian tersebut menjadi kering sempurna misalnya 3 – 4 minggu.

2. Gunakan Teknik Pengecatan dengan Benar

Setelah Anda memastikan acian tersebut benar-benar kering sempurna seperti tidak ada embun lagi. Maka bisa lanjut ke proses pengecatan sebagai dasar namun jangan sembarangan dan ada tekniknya. Pertama harus diperhatikan kalau keseluruhan dinding sudah sering dan bersih dari debu sekecil apapun. Sebaiknya gunakan cat yang memiliki daya pelapis kolam ikan agar tidak bocor demi meminimalkan kebocoran.

Tipsnya Anda bisa menggunakan cat khusus untuk mendapatkan warna yang tajam dan mengkilap. Selain itu memiliki ketahanan yang bagus untuk air sehingga tidak beracun karena nantinya diisi ikan. Anda harus menggunakan teknik khusus saat mengecat seperti melakukan proses dalam dua tahap. Tahap pertama lapisi seluruh permukaan dinding dengan cat kemudian diamkan selama 5 hari lalu lanjutnya cat kedua.

3. Gunakan Produk Pelapis Anti Bocor Berkualitas

Selain dua tips diatas sebenarnya paling penting dalam proses pembuatan adalah memakai produk berkualitas. Seperti AM 122 sebagai produk pelapis kolam ikan agar tidak bocor terbukti memiliki kualitas terbaik. Memiliki daya rekat sangat kuat sehingga cocok digunakan pada area basah atau terendam air seperti kolam. AM 122 juga memiliki kemampuan kedap air sehingga dapat menahan air supaya tidak meresap dan bocor.

Menariknya AM 112 ini memiliki kualitas tahan lama. Pengaplikasikannya juga sangat mudah sehingga dapat dikerjakan sendiri tanpa harus menggunakan jasa tukang. AM 112 tidak hanya digunakan sebagai pelapis kolam ikan, namun juga dapat diaplikasikan pada area basah seperti kolam renang, dak beton, bak penampung air (ground water tank). AM 112 memiliki daya sebar 2 m² / 5 kgset (2 lapis).Memiliki kolam yang penuh dengan ikan dan didesain semenarik mungkin menambah kesan pada rumah Anda. Agar tidak menghilangkan kesan indahnya maka gunakan pelapis kolam ikan agar tidak bocor dengan AM 112.

Baca Juga: Tembok Retak, Ini 2 Produk AM yang Dapat Mencegah dan Memperbaikinya

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu