Pengisi Nat Keramik AM

4 Penyebab Pengisi Nat Keramik Rusak dan Cara Menambalnya

Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa pengisi nat keramik hanya dipakai untuk mengisi celah di antara keramik. Namun sebenarnya material bangunan tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan estetika ruangan.

Nat keramik sendiri berguna dalam mencegah rembesan atau kebocoran air. Terutama di bagian yang kerap basah, misalnya saja pada kamar mandi atau dapur. Supaya ubin tidak mudah terlepas maka perlu menerapkan nat secara tepat.

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Nat Keramik dan Merawatnya

Namun, seiring berjalannya waktu ada beragam hal yang bisa menyebabkan kerusakan. Beberapa hal tersebut memang sulit dihindari sehingga satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan menambal atau memperbaiki.

Penyebab Nat Keramik Mengalami Kerusakan

Pada zaman dahulu, nat keramik umumnya terbuat dari bahan baku semen dan pasir dengan warna keabu-abuan. Kemudian produk semakin berkembang dengan menyajikan warna tertentu untuk meningkatkan keindahan ruangan.

Misalnya saja pengisi nat keramik instan dengan warna putih. Selain praktis digunakan biasanya produk tersebut juga mempunyai kemampuan lebih tinggi seperti tahan terhadap cairan pembersih.

Apakah Anda sudah mengalami nat retak atau terkikis di rumah? Mungkin sebagian orang akan merasa masalah seperti itu datang secara tiba-tiba. Jika Anda mengalaminya, beberapa hal ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

1. Meletakkan Beban Berat

Tentu bukan hal aneh jika perlu meletakkan beban berat di atas lantai. Akan tetapi, hal tersebut rupanya mampu membuat celah sambungan keramik menjadi rusak dan mudah terlepas.

2. Kualitas Buruk

Ketika membuat celah sambungan keramik perlu memikirkan kualitas produk dan cara penerapannya. Jika keduanya berkualitas buruk, maka bukan tidak mungkin terjadi kerusakan lebih cepat.

Sebelum terjadi kerusakan, disarankan untuk memakai pengisi nat keramik berkualitas. Namun jika sudah terlanjur rusak maka dapat menambalnya. Segera lakukan penambalan supaya tidak terjadi masalah yang lebih fatal.

3. Memakai Cairan Pembersih Kimia

Ketika melakukan pembersihan tentu memerlukan cairan pembersih khusus. Akan tetapi, tidak jarang produk pembersih tersebut mengandung bahan kimia yang terlalu keras sehingga berpotensi merusak nat.

4. Pergerakan Struktur

Struktur tanah atau bangunan bisa saja bergerak sebab suatu hal, misalnya saja gempa bumi. Ketika strukturnya bergerak, maka posisi ubin akan saling menekan satu sama lain sehingga kemudian retak serta rusak.

Panduan Menambal Pengisi Nat Keramik yang Rusak

Celah sambungan keramik yang terkikis, retak atau rusak harus lekas ditambal. Terutama pada bagian bak mandi. Tentu Anda tidak ingin air yang ditampung di dalamnya justru bocor sedikit demi sedikit bukan?

1. Memeriksa Bagian Rusak

Langkah pertama ialah memeriksa bagian yang mengalami kerusakan. Jika berhubungan dengan bak mandi, Anda bisa menemukannya dengan melihat bagian yang bocor. Tandai bagian tersebut untuk ditambal nantinya.

2. Ubin dalam Keadaan Kering

Jika berniat menambal bak mandi, maka kuras dahulu airnya sampai habis sehingga ubin dalam keadaan kering. Jika masih basah, nantinya pengisi nat keramik tidak mampu melekat secara sempurna.

3. Membongkar Bagian Rusak

Pada bagian nat lama yang sudah mengalami kerusakan sebaiknya dibongkar agar dapat ditambal dengan lebih mudah dan rapi. Namun, sisa bagian lama yang tampak masih bagus cukup dibiarkan saja.

4. Melakukan Penambalan

Langkah utama dalam tutorial ini ialah menyiapkan pengisi nat keramik untuk menambal bagian yang rusak. Anda dapat memakai produk AM Tile Grout. Gunakan produk AM 51, yaitu produk pengisi nat anti jamur yang tahan sinar UV dan tahan asam dari cairan pembersih.

Bisa pula memakai AM 53, yaitu produk pengisi nat yang memiliki ragam pilihan warna. Jangan lupa tambahkan dengan produk AM 54, yakni cairan penguat untuk membuat nat semakin keras dan mempunyai daya rekat tinggi.

Anda juga dapat memakai AM Epoxy Tile Grout yang mampu menahan air, anti jamur dan tahan zat kimia. Cocok untuk kamar mandi, kolam renang, bak penampungan air, rumah sakit, dan lain sebagainya.

Celah sambungan keramik merupakan salah satu bagian bangunan yang mudah mengalami keretakan atau kerusakan. Jika masalah tersebut sampai terjadi maka perlu mengaplikasikan pengisi nat keramik berkualitas dengan cara yang tepat.

Baca Juga: Life Hack! Nat Keramik yang Kuat akan Semakin Awet dengan Cara Ini

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu