Cara Mengecat Dinding Batu Bata

Simpel! Begini Cara Mengecat Dinding Batu Bata yang Benar

Pada dasarnya cara mengecat dinding batu bata membutuhkan beberapa tahapan. Mulai dari bersih-bersih, penutupan, pelapisan, pengecatan, hingga finishing.

Batu bata itu sering digunakan sebagai material dasar dinding bangunan. Selain terjangkau, material batu bata juga sangat kokoh dan sudah dibuktikan dengan bangunan-bangunan yang bertahan lama.

Namun siapa sangka, dinding berbahan dasar batu bata tidak bisa langsung dicat begitu saja. Ada teknik pengecatan yang harus diketahui agar lapisan dinding sempurna. Dinding batu bata perlu mendapatkan penanganan ekstra, supaya lapisannya terkontrol dengan baik.

Seperti kita ketahui, dinding batu bata tidak rata setelah melalui proses pemasangan Anda masih harus melapisinya kembali agar dapat dicat, menggunakan semen plester dan acian. Tentunya selain semen plester dan acian, masih ada lapisan lain yang dimanfaatkan untuk memperhalus dinding.

Terdapat juga jenis bata ringan atau batako yang bisa Anda jadikan alternatif sebagai material bangunan hunian Anda. Berikut ini adalah pembahasan Lengkap! Jenis, Perbedaan, dan Cara Pemasangan Batako.

5 Cara Mengecat Dinding Batu Bata dengan Mudah

Kelima cara yang digunakan untuk mengecat dinding adalah bersih-bersih, penutupan, melapisi, pengecatan dan finishing. Kelima tahapan harus dilakukan dengan serius agar hasilnya maksimal. Agar lebih jelas, berikut kelima cara yang bisa digunakan untuk mengecat dinding batu bata.

1. Bersih-bersih

Permukaan dinding batu bata setelah dicor sangat kotor dan harus dibersihkan. Partikel debu dan kotoran menumpuk dalam pori-pori celah batu bata. Supaya lapisan acian bisa bertahan lama, Anda harus membersihkan celah tersebut sampai ke dalam-dalamnya.

Pastikan Anda bersihkan dulu permukaan sebelum melanjutkan cara mengecat dinding batu bata. Pembersihan dapat dilakukan menggunakan selang air, sapu lidi, sapu ijuk serta vakum cleaner. Jangan lapisi dinding dengan acian sebelum bersih karena dinding mudah rusak.

2. Penutupan

Setelah bersih seutuhnya, Anda dapat menutup dinding batu bata. Tutup menggunakan semen plesteran yang berkualitas seperti AM 80. Produk semen plesteran dari PT Adiwisesa Mandiri sangat berkualitas dalam menutup permukaan batu bata dan tahan lama.

Lakukan penutupan secara menyeluruh agar dinding batu bata tetap terkontrol. Nanti area dinding masih harus dilapisi lagi dengan cat agar dapat membentuk dasar fondasi cat. Anda perlu melakukan pengecatan dua kali agar warna cat muncul sepenuhnya.

3. Pelapisan

Lapisan setelah plesteran ialah fondasi cat untuk dinding batu bata yaitu acian yang dapat menggunakan AM 86. Cara mengecat dinding batu bata dimulai dari sini karena sudah memasuki lapisan pertama. Pelapisan tidak butuh cairan cat yang kental karena hanya digunakan sebagai lapisan dasar dinding batu bata saja.

Oleskan lapisan cat ke dinding secara menyeluruh agar fondasinya dapat menahan cairan cat selanjutnya. Cat primer akan dioleskan setelah lapisan fondasinya sudah mengering. Biasanya waktu pengeringan hanya butuh waktu 30 – 45 menit sehingga tidak begitu lama.

4. Pengecatan

Jika fondasi sudah terbentuk untuk cara mengecat dinding batu bata Anda bisa menggunakan cat primer. Oleskan secara menyeluruh menggunakan cat berkualitas yang kuat dan tahan lama. AM 110 adalah produk cat pelapis anti bocor yang dapat melindungi bangunan dari kebocoran. AM 110 juga dapat digunakan sebagai cat primer dengan menambahkan air 5-10%.

Anda harus menggunakan AM 110 agar dinding rumah terlindungi dari jamur, lumut dan air rembesan. Cat AM 110 ini dapat digunakan untuk dinding interior dan eksterior rumah. Di sisi lain, cat ini juga cocok untuk dinding, atap, ruangan, genteng dan pagar.

5. Finishing

Tahap akhir ialah penyelesaian dengan menunggu cat sampai mengering. AM 110 memiliki daya sebar yang luas sehingga cairan bisa menyerap sampai ke dalam dengan cepat. Dinding Anda jadi lebih terproteksi dengan mengikuti kelima prosedur pengecatan dinding.

Mulai dari sekarang, perhatikan teknik mengecat dinding batu bata Anda. Gunakan cat anti bocor (Waterproof) AM untuk menahan rembesan air. Maksimalkan cara mengecat dinding batu bata Anda dengan menambahkan Waterproof sebagai lapisan akhir.

Lalu, seperti yang Anda tahu saat ini musim penghujan sudah mulai datang. Lantas, bagaimana cara mengecat dinding luar rumah saat musim hujan? Ketahui cara Cat Dinding Rumah Bagian Luar ketika Musim Hujan! Emang Bisa?

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu