Cara Pasang Batako AM

Lengkap! Jenis, Perbedaan, dan Cara Pemasangan Batako

Selanjutnya, Ketika ingin membangun sebuah rumah, cukup perlu mengetahui cara pemasangan batako. Walaupun nantinya akan memesan jasa tukang bangunan, setidaknya bisa melakukan pemeriksaan apakah mereka sudah bekerja dengan benar.

Batako sendiri merupakan salah satu material bangunan yang terbilang murah. Anda dapat membandingkan harganya dengan bata merah maupun hebel atau bata ringan. Tidak heran jika cukup banyak orang yang memakainya.

Baca Juga: Tips Cara Menghitung Kebutuhan Perekat Bata Ringan Terbaik

Pastikan Anda sudah memahami jenis-jenis dan cara pemasangan material tersebut sebelum membelinya di toko bangunan. Hal ini bertujuan agar Anda mampu menciptakan bangunan yang sesuai dengan keinginan.

Ragam Jenis Batako dan Perbedaannya

Batako ialah batu bata padatan (concrete brick) yang berbahan dasar dari campuran semen, pasir, kerikil dan air dalam takaran tertentu. Lantas dicetak dan dipadatkan dalam bentuk balok.

Cara pemasangan batako sebenarnya tergolong mudah. Sementara untuk jenisnya terbagi ke dalam dua hal, yaitu jenis trass dan semen dengan karakteristik seperti berikut.

1. Trass

Jenis trass memiliki karakteristik berwarna putih. Warna putih diperoleh dari campuran bahan trass, batu kapur dan air. Trass ialah lapisan tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan gunung berapi.

Batu tersebut memang mempunyai warna putih. Namun bisa pula berupa warna putih kecokelatan. Anda mungkin akan menemukannya dalam ukuran panjang 25-30 cm, tebal 8-10 cm dan tinggi 14-18 cm.

2. Semen

Jenis batako ini juga disebut dengan batako press yang dibuat dari campuran semen dan pasir. Selanjutnya, jenis ini dapat dibedakan secara mudah dengan trass hanya dari warna. Jenis batako ini memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan batako trass

Jenis batako semen biasa disebut juga batako press. Alasan dinamakan press sebab proses pembuatannya ialah dengan ditekan, dapat dilakukan secara manual maupun memakai mesin press. Jenis ini dapat dijumpai dalam ukuran panjang 36-40 cm, tebal 8-10 cm dan tinggi 18-20 cm.

Material bangunan ini mempunyai ukuran cukup besar. Bukan hanya harganya terjangkau namun keperluan kuantitas juga jauh lebih sedikit. Pemasangannya juga terbilang lebih cepat sebab ukurannya presisi.

Cara Pemasangan Batako yang Tepat

Setelah mengetahui beragam jenis batako, sekarang waktunya mengenali cara pemasangannya. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini secara urut tanpa ada yang terlewat.

1. Menyiapkan Acuan Pemasangan

Supaya hasil pemasangan menjadi lurus perlu memakai acuan khusus. Gunakan jidar sebagai acuan pemasangan vertikal. Gunakan benang kasur yang diberi pemberat bandul sebagai acuan pemasangan horizontal.

2. Menuang Adukan Semen

Tuangkan adukan semen di lokasi yang akan dipasangi batako. Sesuaikan adukan semen dengan satu pemasangan balok material tersebut. Lantas posisikan batako di atasnya. Sedikit tekan ke bawah supaya ujung material banyak menyentuh adukan semen.

3. Mengatur Batako

Anda dapat mengatur posisi batako dengan menggesernya. Jangan sampai mengangkat material tersebut. Cara pemasangan batako dapat diulangi mulai dari menuang adukan semen, memasang dan mengatur posisinya.

4. Tutup Memakai Terpal

Lindungi material ini dari paparan sinar matahari dan guyuran air hujan dengan menutupinya memakai terpal. Selama proses pengeringan jangan sampai terjadi retak pada material. Anda perlu melakukan penyiraman 1-3 hari berturut-turut.

5. Finishing

Anda dapat melakukan finishing cara pemasangan batako dengan mengaplikasikan plester dinding. Lantas mengaci permukaannya secara menyeluruh agar dinding tampak rata dan rapi.

AM 48, Solusi Pemasangan Batako Terbaik

Pemasangan material akan lebih optimal jika memakai produk perekat dari AM, yaitu AM 48. Produk ini mampu merekatkan bata ringan untuk interior, eksterior hingga dinding. AM 48 mempunyai daya rekat tinggi, hemat pemakaian, waktu pengerjaan cepat dan hasil rapi.

Ketika ingin membangun rumah memakai batako wajib memilihnya secara cermat supaya memperoleh material berkualitas tinggi. Kemudian juga perlu mempelajari cara pemasangan batako agar dinding kokoh dan tahan lama.

Baca Juga: Sedang Mencari Perekat Bata Ringan Terbaik? AM 48 Jawabannya

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu