Ubin Granit AM

Tips Terbaik Rawat Ubin Granit Mengkilap dan Tahan Lama

Ubin granit dan marmer merupakan material bangunan yang sangat diminati oleh penikmat desain interior. Melalui penerapan lantai batu alam, ruangan menjadi tampak jauh lebih keren, mewah dan elegan.

Bahkan, material tersebut mampu menghadirkan kesejukan di dalam ruangan. Kecantikannya membuat pemilik hunian perlu untuk melakukan perawatan secara berkala sehingga tampilannya selalu mengkilap.

Baca Juga: 7 Perbedaan Granit dan Marmer, Lengkap dengan Karakteristiknya

Jika Anda juga menerapkan lantai granit di rumah, pastikan untuk merawatnya secara rutin. Jangan sampai membiarkan debu atau kotoran menumpuk hingga akhirnya menyebabkan kerak yang sulit untuk dihilangkan.

Tips Merawat Ubin Granit agar Selalu Mengkilap

Ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk merawat lantai granit. Lakukan secara berkala supaya hasilnya maksimal. Langsung saja menyimak sejumlah tipsnya dalam penjelasan di bawah ini.

1. Bersihkan Setiap Hari

Hal pertama yang wajib dilakukan setiap hari ialah membersihkan lantai granit. Bagian permukaan wajib dibersihkan dari segala jenis kotoran maupun debu, sehingga tampilannya tidak akan berubah menjadi kusam.

Salah satu cara pembersihan yang dapat dilakukan ialah mengepel ubin granit memakai cairan pel khusus. Biasanya perlu mencampurkannya dengan air panas bukan air dingin.

2. Pengilapan Mingguan

Setelah rutin membersihkan lantai granit setiap hari, Anda perlu melakukan pengilapan setiap minggu. Pengilapan dilakukan memakai cairan pengilap khusus. Pastikan memakai air yang benar-benar bersih dalam proses ini.

Hal ini penting karena jangan sampai air mengandung klorin atau mineral lainnya. Hal ini bertujuan agar lantai batu alam terawat secara maksimal dan tercegah dari penampilan yang kusam. Jadi, jangan sampai melewatkan pengilapan mingguan.

3. Poles Secara Rutin

Selain membersihkan dan mengilapkan ubin granit, Anda juga perlu merawatnya dengan melakukan pemolesan secara rutin. Pemolesan ini tidak wajib Anda lakukan secara mandiri.

Cara mudahnya ialah memesan jasa poles profesional agar hasilnya menjadi lebih optimal. Anda dapat bertanya ke orang terdekat atau mencari informasi di internet ketika memerlukan jasa terkait.

Memilih Alat dan Bahan untuk Merawat Ubin Granit

Selain menerapkan cara perawatan lantai batu alam, Anda wajib memilih alat dan bahan yang tepat. Untuk alat pelnya gunakan yang tidak menggores lantai. Pemilihannya berbeda dengan alat pel untuk keramik biasa.

Pada intinya, hindarkan lantai granit dari alat-alat yang mampu membuatnya tergores. Kemudian juga jauhkan dari barang-barang yang mampu menyebabkan abrasi pada material tersebut.

Selain memperhatikan alat pel, perhatikan pula bahan pembersih yang dipakai untuk membersihkan ubin granit. Gunakan bahan pembersih yang memang aman untuk material tersebut.

Pastikan bahan pembersihan cukup ampuh menyingkirkan noda akan tetapi tidak merusak lantai granit. Apabila sedang kehabisan bahan pembersih, bisa memakai sabun pencuci piring dan soda kue.

Jika memakai sabun pencuci piring, rendam dahulu kain pel dalam sabun tersebut dan air hangat. Lantas pel lantai dan jangan lupa bilas memakai air bersih.

Apabila memakai soda kue maka buat pasta kental dari campuran soda kue dan air. Anda bersihkan dahulu nodanya, biarkan semalaman baru dibersihkan memakai kain basah.

Pasang Ubin Granit dengan Produk AM Terbaik

Ketika baru pertama memasang ubin granit pada hunian, gunakan perekat berkualitas dari AM. Berikut ini adalah rekomendasi produk AM terbaik yang bisa Anda gunakan.

1. AM 42 

Gunakan AM 42 yang merupakan perekat ubin homogeneous berbahan dasar semen dengan kandungan polymeric binder.

AM 42 dapat diterapkan pada interior, area kering, area basah, lantai hingga dinding. Jadi dimana saja Anda memasang batu alam bisa memakai produk perekat dari AM. AM 42 mempunyai daya rekat tinggi, mencegah keramik kopong dan hemat waktu pengerjaan. 

2. AM 51

Setelah mengaplikasikan perekat ubin AM 42, kemudian gunakan AM 51, yakni pengisi nat anti jamur, kedap air dan tahan asam dari cairan pembersih.

Memasang granit pada hunian memang akan menciptakan tampilannya yang begitu cantik. Akan tetapi, perlu melakukan perawatan ubin granit secara berkala supaya terjaga kilaunya.

Baca Juga: Granit Dinding, Perhatikan Kelebihannya dan Kekurangannya!

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu