5-langkah-pasang-keramik-dinding-dengan-lem-keramik

5 Langkah Mudah Pasang Keramik Dinding dengan Lem Keramik

Lem keramik adalah bahan yang penting dalam proses pemasangan ubin pada dinding. Berbeda dengan lantai yang lebih mudah ditutup dengan ubin, granite, marmer dan sebagainya, dinding perlu sedikit ketelitian supaya hasilnya maksimal.

Pemasangan ubin untuk area dinding jadi opsi untuk meminimalisir kotor, mengurangi kelembaban dan menghadirkan nuansa berbeda. Pengaplikasiannya bisa di kamar mandi, dapur, teras luar dan mana saja sesuai keinginan.

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Jenis Perekat Keramik yang AM Punya

Agar rapi, presisi, dan tahan lama Anda perlu mengikuti langkah pemasangan yang tepat. Berikut kami jabarkan step by step pemasangan ubin dinding lengkap dengan aplikasi lemnya.

5 Langkah Menggunakan Lem Keramik

Jika pemasangan tidak dilakukan oleh ahli banyak kemungkinan hasilnya kurang maksimal. Kurang pas, tebal tidak sama, kurang presisi, tidak simetri dan sebagainya. Untuk menghindarinya Anda bisa mengikuti langkah berikut ini jika memilih memasangnya sendiri.

1. Perhatikan Perbandingan Perekat Keramik

Langkah pertama adalah memperhatikan perbandingan bahan. Pasir beton dan semen harus mengikuti perbandingan 1:1:5. Kemudian tambahkan air bertahap hingga adonan menyerupai pasta. Ini penting supaya lem keramik mudah dipasang.

2. Rendam Keramik Menggunakan Air sebelum Dipasang

Sebelum digunakan keramik harus direndam terlebih dahulu. Dalam keadaan basah akan lebih mudah merekat dengan kuat pada bahan adonan. Tidak perlu lama-lama cukup 15 sampai 30 menit saja.

3. Siapkan Alat Ukur

Siapkan benang, meteran, paku serta beton sebagai alat ukur. Benang untuk menyamakan tinggi dan ukuran ketebalan, paku menandai titik simetris. Meteran untuk menentukan posisi tengah sebagai awal mulai pemasangan.

4. Proses Pemasangan

Tiriskan keramik dari rendaman, oles dinding menggunakan adonan dengan ketebalan sama (ikuti ukuran benang). Tempelkan keramik kemudian tekan perlahan, ratakan lagi posisinya menggunakan benang.

5. Finishing

Setelah selesai bersihkan permukaan dari sisa semen menggunakan spon atau kain. Finishing menggunakan nat grout yaitu pengisi sela antar keramik. Proses ini bisa dilakukan 2 atau 3 hari setelahnya.

Rekomendasi Produk untuk Pemasangan Keramik

Untuk memaksimalkan hasil Anda perlu mengaplikasikan lem keramik berkualitas. Hal ini dikarenakan usia dinding lebih tahan lama. Selain itu daya rekat kuat menjadikan pekerjaan cepat selesai.

1. AM 40 (Perekat Ubin di atas Ubin)

Produk pertama yang kami rekomendasikan adalah AM 40. Ini merupakan inovasi baru dalam bidang konstruksi. Produk AM 40 berfungsi untuk merekatkan ubin di atas ubin, bisa juga digunakan pada dinding.

Kelebihan AM 40 adalah daya rekatnya yang kuat. Meminimalisir resiko ubin kopong setelah pemasangan. Langsung digunakan sebagai lem keramik tanpa perlu membongkar ubin lama sehingga pekerjaan cepat selesai.

Produk AM 40 ini juga dapat digunakan di atas beton. Melekatkan ubin homogeneous, batu alam, mozaik, marmer, dan granite tile. Aman dan kuat digunakan untuk eksterior, interior, area kering, maupun basah. Bahkan bisa untuk area terendam air.

2. AM 42 (Perekat Granite Tile)

Lem keramik kedua yang kami rekomendasikan adalah AM 42. Produk ini fungsi utamanya adalah merekatkan granite tile. AM 42 dapat diaplikasikan pada bagian atas plester atau beton rumah yang sedang direnovasi.

Kualitas dan fungsinya kurang lebih sama dengan AM 40. Dapat diaplikasikan untuk perekat ubin homogeneous berbahan dasar semen yang mengandung polymeric binder. Menghasilkan daya rekat yang kuat.

Cocok untuk dinding, lantai, eksterior, interior, area kering maupun basah. Kelebihannya memiliki daya rekat tinggi, mencegah ubin kopong dan mempercepat pekerjaan pemasangan keramik.

Dari 5 langkah mudah yang sudah kami sampaikan Anda bisa melengkapinya dengan menggunakan produk AM. Meski dilakukan sendiri tanpa bantuan tenaga ahli dijamin hasil pekerjaan rapi dan cepat selesai karena penggunaan lem keramik berkualitas.

Baca Juga: Pilih Perekat Keramik Lantai Terbaik untuk Atasi Keramik Popping

Baca lebih banyak tips seputar konstruksi rumah di sini. Untuk mendapatkan produk AM yang cocok, Anda bisa klik halaman produk atau Anda bisa langsung hubungi kami untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut di sini.

Menu